Jenis-Jenis Kucing

Saya salah satu yang termasuk pecinta hewan kucing. Dirumah saya banyak sekali kucing. Sepanjang kucing yang saya punya kebanyakan merupakan kucing keturunan dan kucing kampung pastinya. hehehhe. Tapi di dunia ini banyak sekali jenis kucing, sama  seperti anjing. apa aja sih jenis-jenisnya?

1. Kucing Toygerr

Toyger adalah kucing berukuran sedang dengan bulu menyerupai bengal. Toyger mempunyai temperamin yang baik dengan kesehatan yang baik dan relatif tahan terhadap penyakit.
Warna ideal adalah warna oranye tua dengan belang hitam seperti pada harimau. Pola belang harus memanjang tanpa ada spot. Telinga kecil dan bulat. Secara keseluruhan Toyger mempunyai struktur pertulangan yang padat dan seimbang. Ras kucing ini merupakan hasil persilangan kucing domestik dengan bengal. Tujuannya untuk menghasilkan harimau kecil yang bisa diajak main dan dipelihara di dalam rumah.

2. Kucing Siam



Kucing Siam berasal dari negara siam atau sekarang kita lebih mengenal sebagai negara Thailand.
Ciri kucing siam adalah sebagai berikut :
-Bentuk tubuh panjang, langsing dan berotot
-Tubuhnya yang langsing dan anggun
-Kepala kecil dan berbentuk segitiga
-Moncongnya mancung,
-Bermata biru
-Telinga yang lebar
-Bulu pendek dan halus
-Ada warna kontras di ujung-ujung tubuh seperti kaki, telinga, mulut, ekor,hidung dan sekitar mata.

3. Kucing Birman


Jenis kucing ini biasanya bertempat tinggal di kuil. Bahkan ada sebuah kepercayaan jika kucing kuil ini mati. Maka arwah kucing tersebut akan ditemani khusus oleh arwah pendeta (manusia).Ciri-ciri dari jenis kucing Birman :
- Berat badan antara 4-6 kg.
- Pola warnanya mirip dengan Colour point dengan lebih pucat pada telinga, muka, kaki dan ekor.
-Bulu ekor dan leher yang paling menonjol yaitu tebal dan halus
-Panjang tubuh kucing sedang tetapi berbentuk tegap.
-Telinga kucing ini berukuran sedang dan melengkung.
-Kucing ini sangat menyukai manusia.

4. Kucing Abyssinian


Abyssinian adalah jenis kucing paling tua yang ada di dunia ini. Jika anda melihat kebudayaan mesir, anda pasti akan melihat gambar atau setidaknya patung kucing ini. Bahkan orang mesir zaman dahulu membuatkan kuil untuk kucing ini. Tapi bukan berarti kucing Abyssinian berasal dari mesir. Menurut penelitian kucing ini diperkirakan berasal dari ethiopia bahkan para ahli genetika juga berpendapat kucing ini berasal dari asia tenggata atau laut india.

5. Kucing Persia


Kucing persia termasuk kucing berbulu panjang yang banyak digemari orang. Wajahnya lebar,hidung yang pesek, bulu panjang dan tebal mengkilap dan menutupi seluruh badan, dada lebar dan membulat dengan bagian punggung sedikit membulat, ukuran dan posisi perut bagian belakang membulat dan lebih rendah membuat orang-orang sangat senang melihatnya. Sifatnya mudah beradaptasi dengan berbagai macam tempat, suka bermain dan mudah untuk disayangi. Ekspresi wajah yang manis dengan sifat tenang bisa duduk dan tidur disatu tempat selama berjam-jam, tidak berisik serta bersuara lembut.

6. Kucing Anggora



Kucing angora mempunyai ciri ciri cara bergerak yang lemah gemulai adalah ciri anggora. Bulunya yang selembut sutra, tubuhyang elegan panjang,telinga menunjuk tegak lurus dan mata besar cerdas membuat Angora sangat dihargai kecantikan dan keanggunannya. Ciri-cirinya tubuh yang panjang, telinga besar dan menunjuk, mata besar berbentuk kacang almond. Bentuk kepala sepenuhnya berbeda. Angora memiliki kepala yang kecil berbentuk baji pada leher yang panjang, ramping, dan anggun. Kaki-kakinya panjang, cakar bulat dan cantik, serta ekor yang panjang dan runcing. Angora bergerak sedikit lemah gemulai seperti penari. Angora memiliki bulu yang panjang dan indah pada ekor dan sekeliling lehernya.









0 komentar:

Posting Komentar